PROFESIONALISME PERAWAT DI ERA PASAR GLOBAL

20 05 2010

Era reformasi telah membawa perubahan nyata pada segala sisi kehidupan masyarakat Indonesia, baik secara pribadi, kelompok bahkan pada tataran organisasi; politik, birokrasi pemerintah maupun swasta, menuju kearah keadaan yang lebi baik.
Di Bidang Kesehatan misalnya adanya tuntutan reformasi seperi isu desentralisasi bidang kesehatan menjadi isu-isu menarik yang perlu dibahas dan dikaji lebih jauh lagi terkait dengan tuntutan kebutuhan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih berkualitas. Hal ini membutuhkan pemahaman yang nyata bagi tenaga kesehatan akan pendekatan pelayanannya kepada masyarakat dengan paradigma SEHAT, dimana titik sentralnya adalah MANUSIA.
Oleh karena itu pada era kesejagatan ini PERAWAT selaku tenaga Keperawatan hendaknya mempersiapkan diri secara baik dan menyeluruh, mencakup seluruh aspek keadaan dan kejadian atau peristiwa yang terjadi saat sekarang dan masa yang akan datang.
Keperawatan sebagai pelayanan / asuhan profesional bersifat humanistik dengan pendekatan holistik dilakukan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berorientasi pada kebutuhan objektif klian, mengacu pada standar profesional keperawatan dan menggunakan etika keperawatan sebagai tuntutan utama.

Ada Empat faktor yang terkait dengan proses profesionalisasi adalah :
1. Pengembangan Pendidikan Tinggi Keperawatan
2. Pengembangan Pusat Penelitian Keperawatan
3. Penataan Standar Praktik Keperawatan Profesional melalui
Undang-Undang Praktek Keperawatan (Kepmenkes. No. 1239 Thn. 2004)
4. Pendayagunaan Konsil Keperawatan – Pokja Keperawatan.

Pendidikan Keperawatan merupakan Institusi memiliki peranan besar dalam mengembangkan dan menciptakan proses profesionalisasi para tenaga keperawatan. Pendidikan Keperawatan mampu memberikan bentuk dan corak tenaga yang pada gilirannya memiliki tingkat kemampuan dan mampu menfasilitasi pembentukan komunitas keperawatan dalam memberikan suara dan sumbangsih bagi profesi dan masyarakat (Ma’rifin : 1999).
Ada beberapa perubahan mendasar terkait Pelayanan Kesehatan memasuki abad 21, dan perubahan-perubahan tersebut merupakan dampak perubahan : Ekonomi, Kependudukan, Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan IPTEK, serta Tuntutan Profesi. Dampak perubahan-perubahan tersebut membawa dampak terhadap perubahan praktik keperawatan, pendidikan keperawatan, dan perkembangan IPTEK Keperawatan. Oleh karena demikian Perawat di masa yang akan datang akan menghadapi suatu kesempatan dan tantangan yang sangat luas, sekaligus suatu ancaman.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: